Azas Kepatuhan Klinik Gigi

Praktek dokter gigi harus mendapat izin dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Dokter gigi baru bisa mendapatkan izin setelah menjalani tugas program PTT dari pemerintah.

Thursday, July 16, 2009

Tips Mengurangi Karang Gigi

Karang gigi atau Calculus merupakan kumpulan plak yang membuat lapisan mineral layaknya "batukarang" yang menempel pada permukaan gigi.
Supragingiva adalah karang gigi di atas gusi dan subgingiva adalah karang gigi yang terletak di bawah gusi. Biasanya karang gigi ini tumbuh pada tempat-tempat gigi yang sulit dibersihkan.

Akibat karang gigi
Karang gigi dapat menjadi tempat melekatnya kuman-kuman di dalam mulut. Karang gigi mengakibatkan penyebab berbagai penyakit gusi, seperti radang gusi (gingivitis) ditandai dengan gusi tampak lebih merah, agak membengkak, dan sering berdarah saat menggosok gigi. Hal ini dapat berlanjut menjadi radang jaringan penyangga gigi lainnya (periodontitis) bila tidak segera dirawat. Hal terburuknya adalah menimbulkan gigi goyang karena jaringan penyangga gigi sudah rusak. Karang gigi juga dapat menyebabkan bau mulut tidak enak dan inilah yang dirasa paling mengganggu.

Tips mengurangi karang gigi
Cara untuk mengurangi terbentuknya karang gigi adalah :
Pertama adalah dengan rajin menjaga kebersihan gigi, yaitu dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari secara benar dimana semua bagian-bagian gigi tersikat bersih. Jangan lupa untuk menggosok gusi dengan lembut perlahan-lahan. Untuk gusi rahang atas, gerakan sikat gigi dari atas ke bawah, dan untuk gusi rahang bawah gerakan sikat gigi dari bawah ke atas.

Kedua adalah rajin kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan karang gigi. Karena hanya dengan alat-alat kedokteran gigi saja karang gigi dapat dibersihkan. Karang gigi tidak dapat hilang bila hanya dengan menggosok gigi atau berkumur dengan obat kumur. Dokter gigi memiliki alat khusus untuk membersihkan karang gigi anda.

Informasi dari Dokter Gigi Jakarta, dokter gigi murah

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.